Kari Pedas Cegah Penyakit Jantung

Makanan Asia identik dengan bumbu kari. Ya, mulai dari India, Jepang, Arab, hingga Indonesia memiliki masakan khas dengan bumbu kari. Nah, penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa kari yang pedas menyimpan manfaat tersembunyi terutama dalam mencegah penyakit jantung.
Riset yang dilakukan oleh para peneliti dari HongKong menemukan kecenderungan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kari dengan rasa pedas cenderung terhindar dari penyakit jantung. Hal ini terjadi karena terdapat berbagai senyawa dalam cabai yang mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
Tak hanya cabai, ternyata rempah-rempah juga memiliki senyawa yang disebut Capsaicinoids yang berfungsi mencegah pembekuan darah. Ya, rempah-rempah juga berperan dalam penurunan resiko penyakit jantung. Penelitian ini dilakukan terhadap hamster. Ternyata, senyawa tersebut dapat menurunkan kolesterol pada hamster dengan cara mengurangi akumulasi kolesterol dan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat dan mengurangi jumlah lemak yang dapat menyumbat arteri pada pembuluh darah.

0 komentar:

Posting Komentar